Analisis Data Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori untuk Menentukan Paket Variasi Mobil (Studi Kasus: Bengkel Mobil Victory)

Authors

  • Agung Hamdani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Chaerul Rozikin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6245

Abstract

Bengkel Mobil Victory adalah perusahaan jasa dan penjualan suku cadang mobil semakin banyak, menjadikan Bengkel Victory Mobil sebagai strategi pemasaran yang lebih baik daripada bengkel  lainnya. Agar paket variasi di Bengkel Victory Mobil  lebih hemat dan tepat sasaran, penulis  melihat barang yang paling sering dibeli oleh konsumen. Yang dimaksud dari survei adalah guna menganalisa data pembelian atau transaksi yang digunakan yang didapat dari bagian-bagian paket yang tersedia di dalam bengkel mobil victory berlandaskan karakter pembelian dari pada pelanggan bengkel mobil victory tersebut. prosedur penelitian yang dipakai di dalam penelitian ini memakai prosedur yang bernama knowledge discovery (KDD) di dalam sekumpulan data dari beberapa teknis pemilihan data dalam maksud, dari tahap seleksi data, pembersihan data, transformasi data, data mining, dan tahap evaluasi. Algoritma di dalam metode atau prosedur penelitian ini memakai algoritma apriori yang dimana algoritma apriori tersebut akan menentukan item set yang terbentuk, pada penelitian ini memakai empat beserta minimum supportnya adalah 60 n dan reliabilitasnya 90%. Hasilnya adalah hubungan produk-ke-produk atau hubungan produk-ke-produk. Pada ulasan penelitian ini nilai confidence yang diperoleh adalah sebanyak 98,182% yang mana menggambarkan nilai confidence tertinggi termasuk kepada ketiga itemset tersebut.

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Hamdani, . . . A. ., & Rozikin, C. . (2022). Analisis Data Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori untuk Menentukan Paket Variasi Mobil (Studi Kasus: Bengkel Mobil Victory). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4865–4871. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6245