Peran Komunikasi Orang Tua dalam Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini

Authors

  • Try Susanti Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dewi Ulandari Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahmad Zukron Alfikri Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Lily Nur Indah Sari Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhammad Ahmad Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6234

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan anak-anak usia dini, kendala-kendalanya, dan upaya untuk mengatasi kendala tersebut dalam rangka penanganan kecanduan gadget pada anak usia dini di desa Sumber Mulya (unit 5), Pelepat Ilir, Bungo. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode yang digunakan, ialah: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk dua kegiatan, yaitu: (1) Sosialiasasi terhadap orang tua murid, serta diskusi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik, dan strategi dalam mengatasinya. (2) Kendala orang tua dalam mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini di desa Sumber Mulya (unit 5), Pelepat Ilir, Bungo. Dengan hasil penelitian, antara lain ialah: kurangnya perhatian dan kurangnya rasa kepedulian sehingga hadirnya peran orang tua dapat mengatasi kecanduan gadget dengan menerapkan disiplin asertif, dengan membangun komitmen untuk menjaga komunikasi yang baik dengan anak-anak. Interaksi yang kurang antara ibu dan anak memiliki efek negatif pada kecanduan gadget anak. Dan setelah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat juga mengatakan bahwa sebagian siswa sudah jarang menggunakan gadget berlebihan, dan diganti dengan membaca buku dirumahnya masing-masing.

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Susanti, T. . ., Ulandari, D. ., Alfikri, A. Z. ., Sari, L. N. I. ., & Ahmad, M. . (2022). Peran Komunikasi Orang Tua dalam Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4778–4792. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6234