Peningkatan Keterampilan Menulis Populer Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Saintifik

Authors

  • Wa Ode Irawati Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6229

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperoleh data empirik terkait peningkatan keterampilan menulis populer mahasiswa menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 pada Program Studi Ilmu Hukum Kelas H Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo yang memprogramkan mata kuliah bahasa Indonesia. Tahapan penelitian dilaksanakan berdasarkan model John Elliot yang menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes menulis popular, wawancara, dan dokumnetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan mahasiswa pada setiap siklus. Pada siklus I pada siklus I, hasil menunjukkan peningkatan yaitu terdapat 14 mahasiswa yang mencapai kategori nilai baik dengan persentase 43,75%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang lebih baik lagi yaitu, 93,75%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pendekatan saintifik dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan dalam upaya peningkatan keterampilan menulis populer bagi mahasiswa.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Irawati, W. O. . (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Populer Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Saintifik . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2595–2604. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6229