Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 1 Bangunjaya Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6215Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai educator, fasilitator dan motivator dalam menumbuhkan minat belajar siswadi SDN 1 Bangunjaya. Peran guru sangat penting sekali dalam menumbuhkan minat belajar siswa, karena dengan lemahnya peranan guru di sekolah merupakan salah satu masalah yang akan berpengaruh dalam minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Bangunjaya Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Subyek pada penelitian ini adalah 3 guru kelas dan siswa kelas IV, V, VI yang berjumlah 74 . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peran guru sangat diperlukan dalam menumbuhkan minat belajar siswa, dengan menerapkan peranan guru sebagai educator, fasilitator dan motivator. Minat belajar siswa kelas IV menunjukkan total skor 747 dengan presentase 83% dan termasuk kriteria sangat tinggi, minat belajar siswa kelas V menunjukkan total skor1171 dengan presentase 84% dan termasuk kriteria sangat tinggi, minat belajar kelas VI menunjukkan total 1203 dengan presentase 86% dan termasuk kriteria sangat tinggi. Hasil peran guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam menumbuhkan minat belajar. penelitian ini dapat digunakan sebagai wawasan mengenai peran guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Kata Kunci: peran guru, minat belajar siswaDownloads
Published
2022-08-22
How to Cite
Kiky Tri Wulandari, & Trisnantari, H. E. . (2022). Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 1 Bangunjaya Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4798–9805. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6215
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Kiky Tri Wulandari, Hikmah Eva Trisnantari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









