Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 1 Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6200Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, pengelolaan pembelajaran menggunakan model BBL dan bagaimana penerapan model BBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. ditandai dengan masih banyaknya siswa yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimun. meskipun pembelajaran telah berpusat pada siswa, masih banyak ditemukan siswa yang tidak mengikuti jalannya pembelajaran seperti tidak mendengarkan saat guru menjelaskan atau teman sebayanya menjelaskan didepan kelas, tidak berani mengungkapkan pendapatnya, tidak berani untuk bertanya jika tidak tahu. hal tersebut berimplikasi pada proses dan hasil belajar yang kurang optimal karena kurangnya aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan di kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Kota Bogor yang terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan datanya berupa tes, angket, wawancara dan observasi. Berdasarkan analisis data dari hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Brain Based Learning dapat diketahui bahwa siswa yang memiliki nilai kurng dari kriteria ketuntasan minimal KKM=75 sebanyak 6 siswa atau 17.14 %, sedangkan yang sudah mencapai ketuntasan minimal sebanyak 29 siswa dengan persentase 82.86%. diperoleh simpulan bahwa 1) Dari segi siswa, yaitu berupa aktivitas siswa, siswa aktif dan siswa bergairah dalam belajar hal ini dapat dilihat dari rata-rata siklus I yaitu 81.904%, dan siklus II yaitu 83.047%, rata-rata keseluruhan siklus I dan siklus II adalah 82.476% artinya sesuai dengan apa yang diajarkan. 2) Dari segi guru, yaitu kegiatan guru dalam pembelajaran baik dengan presentasi rata-rata siklus I pertemuan ke-1: 91.071%, siklus I pertemuan ke-2: 96.428%, dan siklus II pertemuan ke-1: 92.857% , siklus II pertemuan ke-2: 100%, rata-rata keseluruhan siklus I dan siklus II adalah 95.089%. 3) Dari segi hasil belajar yaitu, berupa hasil belajar siswa meningkat sehingga meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI, khususnya dalam materi Al-Khulafa Al-Rasyidun dan Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa dari siklus I 94.29%, masih dibawah indikator keberhasilan, kemudian meningkat pada siklus II 100%, siklus II sudah diatas indikator keberhasilan. Dengan demikian penelitian Tindakan Kelas ini telah selesai dilaksanakan dengan tujuan yang diharapkan yakni dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI dikelas VII B SMP Negeri 1 Kota Bogor.Downloads
Published
2022-08-20
How to Cite
Titin, T., Irfani, F., & Sutisna, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 1 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4636–4645. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6200
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Titin, Fahmi Irfani, Sutisna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









