Hubungan Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6195Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan pemanfaatan Aplikasi Wattpad meningkatkan minat baca mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia HKBP Nommensen pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk jenis pendekatan kuantitatif dengan menjadikan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai sampelnya. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode angket (kuesioner). Uji validitas diperoleh dari hasil analisis pengukuran instrument menggunakan skala Likert. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 16 for windows dengan analisis data korelasi product moment Pearson dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 (5%). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang mempengaruhi pemanfaatan Aplikasi Wattpad terhadap meningkatkan minat baca mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada masa pandemi covid-19 dengan nilai koefisien korelasi r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,654 > 0,273) yang berarti sifat korelasinya kuat.Downloads
Published
2022-08-20
How to Cite
Manik, . M. Y. ., Sitorus, . P. J., & Panggabean, S. . (2022). Hubungan Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4557–4575. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6195
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Monalisa Yohana Manik, Pontas Jamaluddin Sitorus, Sarma Panggabean
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).