Strategi MTs Miftahul Hasan dalam Menjaga Mutu Madrasah Di Era Globalisasi

Authors

  • Endang Widiastutik Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ahmad Humaidi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6161

Abstract

Fenomena globalisasi yang membawa perubahan signifikan memang menarik jika dikaitkan dengan pada sistem dan kurikulum madrasah yang sebelumnya merupakan hasil pengembangan sistem pendidikan secara individual dan cukup sarat dengan pendidikan Islam. Pesatnya arus globalisasi yang menyerang ekonomi, budayadan ragam bentuk kehidupan dan tidak dapat di tepis bahwa madrasah juga menjadi arus dariterbentuknya globalisasi. Adanya globalisasi yang seiring berubah membuat mutu pendidikan yang menjadi strategi di sebuah lembaga pendidikan harus bisa memfilter serta membuat sebuah standart yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan. Dalam konteks ini, madrasah tampaknya tidak melihat globalisasi sebagai hal yang harus ditakuti tetapi harus dihadapi. Adaptasi yang menjadikan wawasan madrasah lebih luas yang menjadi cikal bakal pemikiran bawa madrasah juga bisa modern dan menyesuaikan dengan keadaan zaman. Tuntutan globalisasi yang menjadikan madrasah semakin berkembang sehingga globalisasi di jadikan sebuah tantangan bukan hanya sekedar kekhawatiran.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Widiastutik, E. ., & Humaidi, A. . (2022). Strategi MTs Miftahul Hasan dalam Menjaga Mutu Madrasah Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4342–4346. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6161