Tata Kelola Pengembangan Kurikulum PAI di MA Nurul Falah Karawang

Authors

  • Putri Ramadanti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6160

Abstract

Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di madrasah sangat penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah dengan mengetahui kegiatan apa saja yang terdapat di dalam kurikulum di madrasah tersebut dan dengan mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam proses pengembangan kurikulum. Jadi penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang fokus pada pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di MA Nurul Falah Karawang. Pengumpulan data ini  dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam  di MA Nurul Falah Karawang  adalah dengan memasukkan pendidikan karakter pada muatan nasional, muatan lokal, gerakan penumbuhan budi pekerti, gerakan literasi, bimbingan psiko edukatif, pendidikan kecakapan hidup , dan pendidikan berbasis keunggulan lokal/global

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Ramadanti, . P. . (2022). Tata Kelola Pengembangan Kurikulum PAI di MA Nurul Falah Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4334–4341. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6160