Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6159Abstract
Kurikulum mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan generasi yang berguna untuk nusa dan bangsa yang memiliki sifat tanggungung jawab,kreatif,ahli,dan menjadi pribadi yang inovativ. Kurikulum dapat di ibaratkan jantung pendidikan. Pendidikan merupakan ujung tombak kemajuan sebuah bangsa. Bangsa akan menjadi maju apabila memiliki sumber daya manusia yang berkualitas atau bermutu tinggi. Dalam hal ini kurikulum memainkan peran yang sangat dalam mewujudkan generasi yang handal, kreatif, inovatif, dan menjadi pribadi pribadi yang bertanggung jawab. Namun demikian perkembangan kurikulum sering kali menemukan banyak masalah yang memerlukan pertimbangan dan pemecahan tersendiri. Demi mewujudkan kualitas pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman, perlu adanya upayan penyempurnaan kurikulum. Kurikulum yang terakhir diterapakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai pengganti Kurikulu Berbasis Kompetensi (KBK) dan tahun ajaran 2013 giliran KTSP diperbaharui dengan kurikulum 2013. Hal ini sejalan dengan Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 35 dan 36 yang menekankan perlunya peningkatan kualitas pendidikan nasional. Kata kunci : kurikulum, pendidikan, pengembanganDownloads
Published
2022-08-20
How to Cite
Nazia, A. M., & Waluyo, K. E. . (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4512–4522. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6159
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ayang Mita Nazia, Kasja Eka Waluyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









