The Effect Of Using Line Webtoon Media On Students’ Vocabulary Achievement At Eleventh Grades Students In SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6148Abstract
Skripsi ini tentang Pengaruh Penggunaan Media Line Webtoon Terhadap Prestasi Belajar Kosakata Siswa Kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Line Webtoon berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kosakata siswa. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara dan melibatkan dua kelompok yaitu XI-IIS sebagai kelompok eksperimen dan XI-MIA sebagai kelompok kontrol dengan dua teknik yang berbeda. : Media Line Webtoon dan cara konvensional. Tes diberikan dalam bentuk pre-test dan post-test untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen pada pre-test adalah 62 dan post-test adalah 82,25. Sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol pada pre-test adalah 60,25 dan post-test adalah 71,25. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena thitung>ttabel = 3,157 > 1,686 (5%). Artinya media Line Webtoon berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kosakata siswa kelas XI SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan.Downloads
Published
2022-08-19
How to Cite
Sitinjak, . . N. ., Rajagukguk, K. ., Yolanda, A., & Tampubolon, . S. (2022). The Effect Of Using Line Webtoon Media On Students’ Vocabulary Achievement At Eleventh Grades Students In SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4265–4280. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6148
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nova Sitinjak, Khovifah Rajagukguk, Anggi Yolanda, Sahlan Tampubolon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).