Gambaran Perilaku Prososial Siswa SMP Negeri di Kabupaten Y Pada Situasi Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6147Abstract
Tujuan artikel ini untuk mengungkap gambaran perilaku prososial siswa SMP Negeri di Kabupaten Y pada situasi pandemi covid-19. Situasi pandemi covid-19 yang mengharuskan physical distancing dengan Study From Home (belajar dari rumah) menuntut siswa untuk mengurangi sosialisasi secara langsung dengan teman sebayanya dan beralih kepada gadget (perangkat elektronik). Dimana perilaku prososial siswa biasa terlihat secara langsung di lingkungan sekolah, misalnya dengan menolong teman yang jatuh dari sepeda, mentraktir teman yang lupa membawa uang saku, berbagi makanan, meminjamkan alat tulis, mengantarkan pulang teman yang belum di jemput dari sekolah, tidak menyontek saat ulangan dan sebagainya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan perilaku prososial walaupun terbatas dengan gadget. Pentingnya perilaku prososial ditumbuhkan atau ditunjukkan dalam situasi pandemi covid-19 kepada siswa agar dapat saling mengingatkan, saling menguatkan dan tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk apapun, sehingga dapat memberi manfaat bagi orang lain.Downloads
Published
2022-08-18
How to Cite
Yuliati, S. . (2022). Gambaran Perilaku Prososial Siswa SMP Negeri di Kabupaten Y Pada Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4257–4264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6147
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sri Yuliati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









