Gambaran Perilaku Prososial Siswa SMP Negeri di Kabupaten Y Pada Situasi Pandemi Covid-19

Authors

  • Sri Yuliati Universitas Mercu buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6147

Abstract

Tujuan artikel ini untuk mengungkap gambaran perilaku prososial siswa SMP Negeri di Kabupaten Y pada situasi pandemi covid-19. Situasi pandemi covid-19 yang mengharuskan physical distancing dengan Study From Home (belajar dari rumah) menuntut siswa untuk mengurangi sosialisasi secara langsung dengan teman sebayanya dan beralih kepada gadget (perangkat elektronik). Dimana perilaku prososial siswa biasa terlihat secara langsung di lingkungan sekolah, misalnya dengan menolong teman yang jatuh dari sepeda, mentraktir teman yang lupa membawa uang saku, berbagi makanan, meminjamkan alat tulis, mengantarkan pulang teman yang belum di jemput dari sekolah, tidak menyontek saat ulangan dan sebagainya. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan perilaku prososial walaupun terbatas dengan gadget. Pentingnya perilaku prososial ditumbuhkan atau ditunjukkan dalam situasi pandemi covid-19 kepada siswa agar dapat saling mengingatkan, saling menguatkan dan tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk apapun, sehingga dapat memberi manfaat bagi orang lain.

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Yuliati, S. . (2022). Gambaran Perilaku Prososial Siswa SMP Negeri di Kabupaten Y Pada Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4257–4264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6147