Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Aplikasi Marbel Pada Anak Disleksia di SDN 02 Batang Anai

Authors

  • Febri Hikmah Universitas Negeri Padang
  • Irdamurni Irdamurni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6146

Abstract

Disleksia yaitu anak yang mengalami gangguan neurologis yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam penerimaan informasi sehingga membuat siswa mengalami keulitan dalam belajar. Membaca merupakan suatu kemampuan awal siswa untuk menguasai bidang lainnya di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan  anak disleksia di SDN 02 Batang Anai, penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dalam bentuk  single subject research (SSR) dengan design A-B-A. yang terdiri dari tiga kondisi baseline A1, kondisi intervensi (B), dan kondisi baseline A2. pada kondisi baseline A1 diperoleh hasil 30%, 35%, 35%, 35%. Pada kondisi intervensi  B diperoleh hasil 42%, 62%, 70%, 75%, 75%, 80%, 80%, 80%. Sedangkan pada kondisi baseline A2 diperoleh hasil 80%, 85%, 85%, 85%. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian ini menampakkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia.

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Hikmah, . F. ., & Irdamurni, . I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Aplikasi Marbel Pada Anak Disleksia di SDN 02 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4252–4256. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6146