Penerapan Metode Pesta Topeng untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI dalam Materi Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia

Authors

  • Oman Sutiawan SMAN 1 Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6144

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pesta topeng diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dalam materi sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan di Kelas XII SMA Negeri 1 Cikarang Selatan Semester I dengan jumlah siswa 39 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumen, dan test. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang memiliki tiga komponen yaitu: a) Sajian data; b) Reduksi data; dan c) Penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode Marketplace dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa klas XII Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pesta topeng dapat membangkitkan semangat siswa, proses pembelajaran akan lebih kreatif karena semua siswa dapat mengutarakan pendapatnya, siswa akan lebih aktif dan tidak merasa bosan, lebih kreatif dan diskusi hasil belajar siswa dapat meningkat.

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Sutiawan, . O. (2022). Penerapan Metode Pesta Topeng untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI dalam Materi Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4243–4251. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6144