Penerapan Metode Pesta Topeng untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI dalam Materi Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6144Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pesta topeng diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dalam materi sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan di Kelas XII SMA Negeri 1 Cikarang Selatan Semester I dengan jumlah siswa 39 orang. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumen, dan test. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang memiliki tiga komponen yaitu: a) Sajian data; b) Reduksi data; dan c) Penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode Marketplace dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa klas XII Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pesta topeng dapat membangkitkan semangat siswa, proses pembelajaran akan lebih kreatif karena semua siswa dapat mengutarakan pendapatnya, siswa akan lebih aktif dan tidak merasa bosan, lebih kreatif dan diskusi hasil belajar siswa dapat meningkat.Downloads
Published
2022-08-18
How to Cite
Sutiawan, . O. (2022). Penerapan Metode Pesta Topeng untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI dalam Materi Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4243–4251. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6144
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Oman Sutiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









