UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI PENDIDIKAN RAMAH ANAK

Authors

  • Wahyu Titis Kholifah Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.614

Keywords:

Mengembangkan Karakter, Pendidikan Ramah Anak, Upaya Guru Mengembangkan Karakter

Abstract

Karakter peserta didik yang terlihat belum diterapkan dengan baik di lingkungan sekolah, karakteristik peserta didik sangat penting untuk membentuk pribadi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya peran guru dalam mengembangkan karakter peserta didik di sekolah dasar melalui pendidikan ramah anak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kualitatif yaitu untuk mendiskripsikan, menguraikan, dan menggambarkan upaya guru dalam mengembangkan karakteristik peserta didik dengan teknik pengumpulan data, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah baik dalam memahami karakter yang harus diterapkan kepada peserta didik, peran guru sangatlah penting dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui kegiatan pembelajaran, pembiasaan, budaya sekolah, ekstrakurikuler dan visi misi sekolah.

References

Cahyo, R. S. (2017). Peran Guru Dalam Penerapan Sekolah Ramah Anak Di Sd Muhammadiyah 16 Surakarta.

Ichsan, A., & Bahrul, U. (n.d.). KONSEP PENDIDIKAN RAMAH ANAK DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA KELAS RENDAH DI SD MUHAMMADIYAH. Prosiding SENASGABUD (Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan), 78.

Jalil, A. (2012). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter Nadwa. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, Nomor 2.

Kurniawan, M. I. (2015). MENDIDIK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR: Studi Analisis Tugas guru Dalam Mendidik Siswa berkarakter Pribadi yang Baik. JURNAL PEDAGOGIA ISSN 2089-3833 Volume. 4 No. 2.

Nuri , R., & Endang , H. (2017). Kajian Program Sekolah Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Di Sekolah Dasar Prosiding Seminar Nasional PGSD.

Rachmadyanti, P. (2017). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEARIFAN LOKAL. JPSD Vol. 3 No. 2, 204.

Sa'dun , A., Ahmad, S., Muh. , A., & Layli , H. (2014). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER YANG BAIK (STUDI LINTAS SITUS BESTS PRACTICES) PENDIDIKAN KARAKTER DI SD.

Saifurrohman. (2014). PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER. Jurnal Tarbawl Vol. II. No. 2., 48.

Senowarsito, & Arisul, U. (n.d.). IMPLEseMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK DALAM KONTEKS MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA SEMARANG.

Siska, Y. (2018). MPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 KOTAKARANG BANDARLAMPUNG. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.

Yulianto, A. (2016). Pendidikan Ramah Anak: Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. Volume. 1, No. 2.

Downloads

Published

2020-04-14

How to Cite

Kholifah, W. T. (2020). UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI PENDIDIKAN RAMAH ANAK. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.614

Issue

Section

Articles