Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Permainan Bola Basket Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6134Abstract
Tujuan asal penelitian ini artinya buat mempertinggi yang akan belajar teknik dasar perminan bola basket bola basket dengan menerapkan pembelajaran memakai Model pembelajaran direct Instruction perihal teknik dasar permainan bola basket pada peserta didik kelas X SMK 2 Muhammadiyah. Penelitian ini memakai metode penelitiaan berupa eksperimen one kelompok pretest serta posttest, subjek penelitian ini ialah siswa kelas X SMK 2 Muhammadiyah cikampek memakai jumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data memakai tes yang akan terjadi keterampilan. Disini bisa ditinjau peningkatan dampak tes dari mulai pretest kemudian treatment dan posttest. berasal dampak analisa data diketahui bahwa homogen-homogen nilai rata-rata pretest Passing 11,97 dan posttest sebesar 26,20 Pada kelas eksperimen. Jika dihitung dengan rumus skor gain, yaitu skor posttest dikurangi skor pretest, maka hasil yang muncul sebagai gain atau peningkatan adalah 26,20 – 11,97 = 14,23. Artinya angka peningkatan yang terjadi pada kelompok kontrol dengan model pembelajaran Direct Instruction adalah sebesar 14,23. Sedangkan Nilai rerata pretest Shooting yaitu 11,73 dan rerata nilai posstest 26,33 maka hasil yang muncul sebagai gain atau peningkatan adalah 26,33 – 11,73 = 14,6. Dan pada hasil rerata nilai pretes shooting yaitu 13,20 dan posttest 27,03 maka hasil yang muncul sebagai gain atau peningkatan adalah 27,03 – 13,20 = 13, 83 pada smkn 2 muhammdiyah cikampek.Downloads
Published
2022-08-18
How to Cite
Tiyo Prayoga, Ega Trisna Rahayu, & Fahrudin, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Permainan Bola Basket Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4171–4176. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6134
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tiyo Prayoga, Ega Trisna Rahayu, Fahrudin Fahrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).