Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Permainan Bola Basket Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Tiyo Prayoga Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ega Trisna Rahayu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fahrudin Fahrudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6134

Abstract

Tujuan asal penelitian ini artinya buat mempertinggi yang akan belajar teknik dasar perminan bola basket bola basket dengan menerapkan pembelajaran memakai Model pembelajaran direct Instruction perihal teknik dasar permainan bola basket pada peserta didik kelas X SMK 2 Muhammadiyah. Penelitian ini memakai metode penelitiaan berupa eksperimen one kelompok pretest serta posttest, subjek penelitian ini ialah siswa kelas X  SMK 2 Muhammadiyah cikampek memakai jumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data memakai tes yang akan terjadi keterampilan. Disini bisa ditinjau peningkatan dampak tes dari mulai pretest kemudian treatment dan posttest. berasal dampak analisa data diketahui bahwa homogen-homogen nilai rata-rata pretest Passing 11,97 dan posttest sebesar 26,20 Pada kelas eksperimen. Jika dihitung dengan rumus skor gain, yaitu skor posttest dikurangi skor pretest, maka hasil yang muncul sebagai gain atau peningkatan adalah 26,20 – 11,97 = 14,23. Artinya angka peningkatan yang terjadi pada kelompok kontrol dengan model pembelajaran Direct Instruction adalah sebesar 14,23. Sedangkan Nilai rerata pretest Shooting yaitu 11,73 dan rerata nilai posstest 26,33 maka hasil yang muncul sebagai gain atau peningkatan adalah 26,33 – 11,73 = 14,6. Dan pada hasil rerata nilai pretes shooting yaitu 13,20 dan posttest 27,03 maka hasil yang muncul sebagai gain atau peningkatan adalah 27,03 – 13,20 = 13, 83 pada smkn 2 muhammdiyah cikampek.

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Tiyo Prayoga, Ega Trisna Rahayu, & Fahrudin, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Permainan Bola Basket Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4171–4176. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6134