Kendala Guru Dalam Menentukan Media Yang Tepat Pada Pembelajaran Ppkn Di Masa Pandemi

Authors

  • Nugraheni Suci Pratiwi Universitas Jambi
  • Faizal Chan Universitas Jambi
  • Violitas Zahyuni Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam menentukan media yang tepat pada pembelajaran PPKn di masa pandemi di kelas VA SDN 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka data akan dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.  Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini, kendala yang dialami guru dalam menentukan media yang tepat pada pembelajaran PPKn diantaranya: biaya, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya waktu dalam membuat sebuah media. Adapun usaha yang dilakukan guru yaitu: memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, memanfaatkan waktu pulang sekolah untuk membuat media, melakukan koordinasi dengan guru lain jika ingin menggunakan fasilitas yang tersedia di sekolah

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Pratiwi, N. S., Chan, F. ., & Zahyuni, V. . (2022). Kendala Guru Dalam Menentukan Media Yang Tepat Pada Pembelajaran Ppkn Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4946–4953. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6132