Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Drill Siswa Kelas VIII.G Mts Negeri 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Heni Andriani Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6130

Abstract

Prestasi belajar siswa dapat diartikan sebagai kemampuan yang diperoleh siswa sebagai hasil belajar. Kemampuan tersebut dapat diamati oleh guru dari penampilan siswa. Penampilan siswa dari hasil belajar menurut Gagne (1974) dapat berupa, Intellectual skill; ialah kemampuan untuk melakukan pekerjaan, yang merupakan sarana seseorang untuk melakukan hubungan dengan lingkungannya melalui simbol. Verbal information; adalah kemampuan untuk mengungkapkan ide yang merupakan ide jalinan dari berbagai pesan yang telah diperoleh, baik lesan maupun tulisan. Cognitive strategies; adalah kemampuan untuk mengatur dirinya sendiri bagaimana mengingat, berfikir, dan menganalisis masalah sehingga mampu untuk memecahkannya. Motor skill; adalah kemampuan untuk mengorganisir kemampuan fisik, sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan lancar. Attitudes; adalah sikap yang tumbuh karena hasil belajar, yang erat kaitannya dengan tingkah laku, dan berpengaruh terhadap penampilan. Salah satu metode yang dapat dipergunakan sebagai alternatif dalam membangkitkan minat dan ketuntasan belajar pendidikan jasmani  adalah metode Drill. Berdasarkan pada identifikasi masalah tersebut diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Adakah peningkatan prestasi belajar matematika pada standar kompetensi menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya dengan metode drill siswa kelas VIII.G MTs Negeri 2  Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII.G MTs Negeri 2  Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini peneliti  berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala Madrasah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil pelaksanaan dan pengamatan siswa dan guru cenderung lebih baik setiap siklus, maka dapat disimpulkan bahwa ; Ada peningkatan prestasi belajar matematika pada standar kompetensi menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya dengan metode drill siswa kelas VIII.G MTs Negeri 2  Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Andriani, H. . (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Drill Siswa Kelas VIII.G Mts Negeri 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4134–4147. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6130