Kegiatan Mencocok dalam Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Sejahtera I Kecamatan Sindangkasih
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6129Abstract
Perkembangan Motorik merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang sangat penting. Motorik halus adalah kegiatan yang berpusat pada saraf, urat saraf dan otot yang terkoordinasi dengan cermat. Perkembang motorik halus dapat berkembang dengan pemberian rangsangan yang dapat dilakukan di Pendidikan Anak Usia Dini. Pemberian rangsangan motorik halus dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan mencocok. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencocok di TK Sejahtera I Kecamatan Sindangkasih. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bersifat siklus yang terus menerus yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah pemberian optimalisasi kegiatan mencocok terbukti bahwa perkembangan motorik halus dalam aspek kemampuan anak dalam menggunakan jari-jemari tangan, kemampuan anak dalam menggunakan pergelangan tangan secara konsisten dan kemampuan anak dalam meggunakan mata, tangan secara terkorrdinasi di TK Sejahtera I mengalami peningkatan yang cukup baik.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Heri, H. Y. M., Aini, A. L., & Rospiani, N. N. . (2022). Kegiatan Mencocok dalam Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Sejahtera I Kecamatan Sindangkasih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3935–3941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6129
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Heri Yusuf Muslihin Heri, Aini Loita Aini; Nina Nur Rospiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).