Kegiatan Mencocok dalam Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Sejahtera I Kecamatan Sindangkasih

Authors

  • Heri Yusuf Muslihin Heri
  • Aini Loita Aini
  • Nina Nur Rospiani UPI Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6129

Abstract

Perkembangan Motorik merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang sangat penting. Motorik halus adalah kegiatan yang berpusat pada saraf, urat saraf dan otot yang terkoordinasi dengan cermat. Perkembang motorik halus dapat berkembang dengan pemberian rangsangan yang dapat dilakukan di Pendidikan Anak Usia Dini. Pemberian rangsangan motorik halus dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan mencocok. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencocok di TK Sejahtera I Kecamatan Sindangkasih. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bersifat siklus yang terus menerus yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah pemberian optimalisasi kegiatan mencocok terbukti bahwa perkembangan motorik halus dalam aspek kemampuan anak dalam menggunakan jari-jemari tangan, kemampuan anak dalam menggunakan pergelangan tangan secara konsisten dan kemampuan anak dalam meggunakan mata, tangan secara terkorrdinasi di TK Sejahtera I mengalami peningkatan yang cukup baik.           

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Heri, H. Y. M., Aini, A. L., & Rospiani, N. N. . (2022). Kegiatan Mencocok dalam Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Sejahtera I Kecamatan Sindangkasih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3935–3941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6129