Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Mewujudkan Sekolah Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6120Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan tantangan-tantangan baru, salah satunya dalam peningkatan kualitas pendidikan. Untuk itu, Makarim (Kemendikbud, 2019) menetapkan empat program pokok kebijakan pendidikan “merdeka belajar”, yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu upayanya, yaitu dengan adanya implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah model reformasi pendidikan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dengan memberikan otonomi luas di tingkat sekolah. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam mewujudkan sekolah merdeka belajar. Metode penelitian ini, yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini, yaitu implementasi MBS di sekolah; implementasi otonomi sekolah; keterlibatan guru dan stakeholder dalam pengembangan lembaga pendidikan; dan kerjasama antar sekolah, instansi pemerintah atau swasta tingkat lokal, nasional, dan internasional sudah baik.Downloads
Published
2022-08-17
How to Cite
Sati, . S., Casudin, S. ., Widyasih, R. ., & Hidayanti, S. . (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Mewujudkan Sekolah Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4067–4051. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6120
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sati, Sodik Casudin, Rissa Widyasih, Sri Hidayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).