Pengembangan Buku Mathlite Seri Kerajaan Tudus untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6118Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan buku sastra anak bermuatan matematika yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk dibaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kela IV SD. Penelitian ini menggunakan lima dari sepuluh tahap model Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983) yaitu research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision dan model ADDIE terdiri dari 5 fase atau tahap utama, yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non tes yaitu menggunakan kuesioner dengan empat skala kepada tiga validator ahli yaitu ahli media, ahli sastra anak, dan ahli materi matematika SD. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil validasi oleh Ahli Materi, Media, dan Sastra Anak menunjukkan bahwa MathLite seri Kerajaan Tudus layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD yaitu dengan memperoleh skor 75% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan respons siswa SD kelas IV, MathLite sangat berguna meningkatkan berpikir kritis siswa dengan hasil kuisioner respon siswa mendapatkan skor 100 persen dengan kriteria sangat baik.Downloads
Published
2022-08-17
How to Cite
Setiawan, . Y. ., & Sembiring, L. C. . (2022). Pengembangan Buku Mathlite Seri Kerajaan Tudus untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4042–4051. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6118
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yohana Setiawan, Lucia Christin Sembiring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).