Pengembangan Buku Mathlite Seri Kerajaan Tudus untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Yohana Setiawan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Lucia Christin Sembiring Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6118

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan buku sastra anak bermuatan matematika yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk dibaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kela IV SD. Penelitian ini menggunakan lima dari sepuluh tahap model Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983) yaitu research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision dan model ADDIE terdiri dari 5 fase atau tahap utama, yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non tes yaitu menggunakan kuesioner dengan empat skala kepada tiga validator ahli yaitu ahli media, ahli sastra anak, dan ahli materi matematika SD. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil validasi oleh Ahli Materi, Media, dan Sastra Anak menunjukkan bahwa MathLite seri Kerajaan Tudus layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD yaitu dengan memperoleh skor 75% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan respons siswa SD kelas IV, MathLite sangat berguna meningkatkan berpikir kritis siswa dengan hasil kuisioner respon siswa mendapatkan skor 100 persen dengan kriteria sangat baik.

Downloads

Published

2022-08-17

How to Cite

Setiawan, . Y. ., & Sembiring, L. C. . (2022). Pengembangan Buku Mathlite Seri Kerajaan Tudus untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4042–4051. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6118