Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Pemecahan Masalah Ekspresi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6115Abstract
Seorang yang literate (melek) matematika tidak sekedar paham tentang matematika akan tetapi juga mampu menggunakannnya dalam pemecahan masalah sehari-hari. Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan seorang individu merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Termasuk di dalamnya bernalar secara matematis dan bernalar menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika dalam menjelaskan serta memprediksi fenomena. Dengan demikian, seseorang yang memiliki kemampuan literasi matematika yang baik, memiliki kepekaan konsep-konsep matematika mana yang relevan dengan fenomena atau masalah yang sedang dihadapinya. Dari kepekaan ini kemudian dilanjutkan dengan pemecahan masalah dengan menggunakan konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi di SMP Negeri 2 Nanga Pinoh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, ditinjau dari 4 aspek yaitu aspek pemahaman, penerapan, penalaran dan komunikasi maka diperoleh simpulan bahwa siswa SMP Negeri 2 Nanga Pinoh kelas VIII B dalam menyelesaikan soal aljabar ditinjau dari kemampuan literasi matematisnya, dari aspek pemahaman siswa mampu menyelesaikan dan mampu memahami masalah namun belum dapat menyelesaikan dengan tepat. Dari aspek penalaran, siswa belum sepenuhnya memahami masalah yang disajikan artinya belum mampu menggunakan konsep, fakta, dan prosedur dalam merumuskan menyajikan dan menyelesaikan masalah matematika terbukti bahwa mereka selalu tidak menuliskan informasi soal. Aspek penerapan, siswa belum sepenuhnya memahami masalah yang disajikan artinya belum mampu menggunakan konsep, fakta, dan prosedur dalam merumuskan menyajikan dan menyelesaikan masalah matematika terbukti bahwa mereka selalu tidak menuliskan informasi soal. Dilihat dari aspek komunikasi, siswa dituntut untuk mampu mengomunikasikan penjelasan dan penyelesaian masalah. Pada soal terakir subjek penelitian disuguhkan masalah kehidupan sehari-hari agar subjek penelitian dapat menelaah masalah dengan cara bernalar dalam kehidupan sehari-hari dan siswa dapat mengomunikasikan pendapatnya dengan baik dan tepat.Downloads
Published
2022-08-16
How to Cite
Waridah, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Pemecahan Masalah Ekspresi Aljabar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4013–4023. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6115
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Waridah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).