Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Nw Al-Mansuriyah NW Tetebatu

Authors

  • Johari Marjan Program Studi PGSD
  • Lalu Muazzim Program Studi Pendidikan Sosiologi
  • Muhammad Zoher Hilmi Program Studi Pendidikan Sosiologi
  • Ulihiah Ulihiah Program Studi PGSD

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6113

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah usaha untuk mendidik peserta didikuntuk agar dapat mengambil atau bahkan memutuskan keputusan dengan bijak dan dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-harinya baik di lingkungan sekolah atau madrasah, keluarga, dan masyarakat. Karena pendidikan karakter sifatnya tidak diwariskan melainkan dibelajarkan dan dibiasakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di MTs Al-Mansuriyah NW Tetebatu.Hasil dari penelitian ini yaitu MTs Al-Mansuriyah NW Tetebatu sebagai lembaga pendidikan memiliki cara tersendiri dalam pengimplementasian pendidikan karakter di dalam lembaganya. Berikut cara MTs Al-Mansuriyah NW Tetebatu mengimplementasikan pendidikan karakter di lembaganya yaitu 1) Implementasi pendidikan karakter di MTs Al-Mansuriyah NW Tetebatu yaitu melalui pengembangan Silabus dan RPP yang memasukkan nilai-nilai karakter di dalamnya. 2) Penerapannya kurikulum dengan menggunakan sisitem klasik atau salaf yaitu model pesantren. 3). Pemberian sanksi non fisik.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Marjan, . . J. ., Muazzim, L. ., Hilmi, M. Z. ., & Ulihiah, . U. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Nw Al-Mansuriyah NW Tetebatu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3991–3887. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6113