Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Nw Al-Mansuriyah NW Tetebatu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6113Abstract
Pendidikan karakter merupakan sebuah usaha untuk mendidik peserta didikuntuk agar dapat mengambil atau bahkan memutuskan keputusan dengan bijak dan dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-harinya baik di lingkungan sekolah atau madrasah, keluarga, dan masyarakat. Karena pendidikan karakter sifatnya tidak diwariskan melainkan dibelajarkan dan dibiasakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di MTs Al-Mansuriyah NW Tetebatu.Hasil dari penelitian ini yaitu MTs Al-Mansuriyah NW Tetebatu sebagai lembaga pendidikan memiliki cara tersendiri dalam pengimplementasian pendidikan karakter di dalam lembaganya. Berikut cara MTs Al-Mansuriyah NW Tetebatu mengimplementasikan pendidikan karakter di lembaganya yaitu 1) Implementasi pendidikan karakter di MTs Al-Mansuriyah NW Tetebatu yaitu melalui pengembangan Silabus dan RPP yang memasukkan nilai-nilai karakter di dalamnya. 2) Penerapannya kurikulum dengan menggunakan sisitem klasik atau salaf yaitu model pesantren. 3). Pemberian sanksi non fisik.Downloads
Published
2022-08-16
How to Cite
Marjan, . . J. ., Muazzim, L. ., Hilmi, M. Z. ., & Ulihiah, . U. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Nw Al-Mansuriyah NW Tetebatu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3991–3887. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6113
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Johari Marjan, Lalu Muazzim, Muhammad Zoher Hilmi, Ulihiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).