Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Supervisi Individual Guru MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Akhri Meinhardi MAN 2 Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6112

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kinerja guru, terlihat dari masih adanya guru di Man 2 Kota Padang yang kurang mampu melakukan pengelolaan kelas dan menarik minat dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar serta masih ada guru yang kurang mampu memfasilitasi  siswa untuk mengemukakan pengetahuan yang diperoleh. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja guru adalah dengan melakukan supervisi individual dengan teknik kunjungan kelas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan mengetahui tentang bagaimana peningkatan kinerja guru melalui supervisi individual yang dilakukan oleh kepala madrasah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Hasil siklus I menunjukkan bahwa secara kelompok guru  belum meningkat mutunya, karena guru yang memperoleh nilai ? 75 hanya sebesar 50, % artinya lebih kecil dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar ? 85 %. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai rata-rata peningkatan kinerja/kemampuan guru adalah 83,33 dan ketuntasan pembinaan mencapai 100 % artinya semua guru yang dijadikan sasaran penelitian pada siklus II sudah meningkat mutunya dalam proses belajar mengajar. Dari hasil kegiatan supervisi yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : Penerapan Supervisi Individual dapat meningkatkan kinerja/kemampuan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengajar  di MAN 2 Kota padang tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Meinhardi, . A. . (2022). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Supervisi Individual Guru MAN 2 Kota Padang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3984–3990. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6112