Strategi Pemasaran Home Care Rumah Sakit Vania Bogor di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Rafika Stany Yonathan Universitas Indonesia
  • Wahyu Sulistiadi Departemen Adminitrasi dan Kebijakan Kesehatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6108

Abstract

Dewasa ini persaingan bisnis dalam industri jasa rumah sakit semakin ketat. Rumah sakit dituntut untuk memiliki terobosan baru dan strategi yang menarik, bukan hanya berfokus hanya pada pelayanan di dalam rumah sakit saja, tetapi juga layanan diluar rumah sakit seperti home care. Di era pandemi Covid-19 terdapat keterbatasan akses yang dimiliki oleh pasien maka layanan home care merupakan salah satu pilihan bagi pasien agar tetap dapat mengakses kebutuhan layanan kesehatan namun tetap berada di rumah. Oleh karena itu perlu adanya strategi pemasaran yang baik dari rumah sakit untuk mengembangkan home care menjadi suatu layanan unggulan rumah sakit. Penelitian ini dilakukan dengan pola observasi dan partisipasi, dengan cara wawancara mendalam kepada petugas home care, pasien serta manajemen rumah sakit. Berdasarkan hasil studi, didapatkan informasi bahwa peluang dan potensi pengembangan home care dengan strategi pemasaran yang tepat dapat menjadikan home care menjadi salah satu pos pendapatan rumah sakit. Maka dapat disimpulkan bahwa prospek pengembangan pelayanan home care di Rumah Sakit Vania cukup besar.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Yonathan, R. S. ., & Sulistiadi, W. . (2022). Strategi Pemasaran Home Care Rumah Sakit Vania Bogor di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3947–3950. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6108