Aplikasi Presensi Tutorial Tatap Muka (TTM) Berbasis Web dan Android untuk Mengoptimalkan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6107Abstract
Tutorial Tatap Muka (TTM) di Universitas Terbuka. merupakan salah satu bantuan belajar yang diberikan oleh Universitas Terbuka kepada mahasiswa. Selain TTM, ada juga bantuan belajar lainya yang diberikan oleh Universitas Terbuka yaitu Tutorial Online (TUTON) dan Tutorial Webinar. Sistem Presensi pada umumnya yang terdapat di suatu instansi maupun universitas ialah dengan menggunakan id card, fingerprint atau secara manual. Pada dasarnya masalah yang dihadapi oleh Universitas Terbuka adalah belum adanya sistem untuk memantau sejauh mana kegiatan Tutorial Tatap Muka (TTM) ini, karena saat ini proses pengawasan masih menggunakan metode pemantauan langsung. Studi ini bertujuan untuk membantu pihak Universitas Terbuka dalam memberikan layanan atau fasilitas jarak jauh kepada Mahasiswa yang berada baik di perkotaan maupun pedesaan, sehingga kegiatan Tutorial Tatap Muka (TTM) dapat terpantau dengan baik. Metode waterfall dipilih dalam pengembangan perangkat lunak karena dinilai sangat efektif. Sistem Presensi mahasiswa secara manual masih diterapkan di Universitas Terbuka, khususnya pada Tutorial Tatap Muka (TTM). Dengan adanya aplikasi presensi berbasis web dan Android dapat membantu mengoptimalkan sistem pembelajaran jarak jauh, karena system ini membuat yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi digitalisasi.Downloads
Published
2022-08-16
How to Cite
arif, . E. ., & Soko, I. P. . (2022). Aplikasi Presensi Tutorial Tatap Muka (TTM) Berbasis Web dan Android untuk Mengoptimalkan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3934–3946. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6107
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Erman arif, Imelda Paulina Soko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).