Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD melalui Pengembangan Buku MathLite Seri Kerajaan Tudus

Authors

  • Yohana Setiawan Universitas Kristen Satya Wacana
  • Alfrianto Pauwang Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan MathLite untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menggunakan Research and development (R&D) Borg & Gall sampai dengan tahap kelima dan pengembangan produk menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan kueisioner. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar SD Kutowinangun 1 Salatiga. Hasil validator produk dianalisis dengan analisis deskriptif kuantiatif. Hasil akhir dari penelitian ini adalah buku MathLite. Hasil validasi oleh Ahli Materi, Media, dan Sastra Anak menunjukkan bahwa MathLite seri Kerajaan Tudus layak digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran matematika yaitu berada pada interval 96,8% dengan kategori sangat tinggi. Hasil respon siswa pada kuesioner menunjukkan interval 90% dengan kategori sangat tinggi.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Setiawan, . Y. ., & Pauwang , A. . (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD melalui Pengembangan Buku MathLite Seri Kerajaan Tudus. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3920–3928. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6105