Pengaruh Program Kampus Mengajar Terhadap Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas V di UPT SDN 29 Pinrang

Authors

  • Asni Asni Universitas Islam Makassar
  • Abrina Maulidnawati Universitas Islam Makassar
  • Nur Afni Universitas Islam Makassar
  • Badruddin Kaddas Universitas Islam Makassar
  • Ince Prabu Setiawan Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran Kampus Mengajar di UPT SDN 29 PINRANG 2) gambaran Literasi dan Numerasi terhadap siswa kelas V di UPT SDN 29 PINRANG 3) Pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap Literasi dan numerasi terhadap Siswa Kelas V di UPT SDN 29 PINRANG. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Kuantitatif dalam ex post facto. Penelitian ini di laksanakan di kelas V dengan jumlah 18 Siswa. Dalam penelitian ini menjelaskan bahwa metode jenis penelitian ex post facto,metode kegiatan mengajar,rencana program dan kegiatan,indikator pelaksanaan pembelajaran dengan instrumen penelitian berupa angket,observasi,wawancara, dan dokumentasi hasil analisis data dengan melakukan uji tes deskriptif. Berdasarkan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap Literasi dan Numerasi memiliki upaya peningkatan prestasi belajar siswa dan berdampak positif terhadap belajar siswa dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa,jadi dapat dikatakan bahwa aktivitas siswa dikategorikan Aktif. Maka dapat diketahui bahwa rata-rata nilai sebesar 73,05 dengan standar deviasi 5.735 dengan nilai maksimum atau nilai tertinggi sebesar 85 dengan minimum sebesar 65. Dilihat dari kategori variable x dengan nilai rata-rata sebesar 73,05 dapat disimpulkan bahwa kategori dari variabel x pada kategori sedang.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Asni, A., Maulidnawati, A. ., Afni, N. ., Kaddas, B. ., & Setiawan, I. P. . (2022). Pengaruh Program Kampus Mengajar Terhadap Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas V di UPT SDN 29 Pinrang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3911–3919. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6100