Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Inkuiri Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran di Kelas V SDN 2 Kaliwenang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6099Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada pembelajaran IPA materi organ gerak manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa materi IPA pada pembelajaran organ gerak manusia dengan penerapan model inkuiri learning berbantuan multimedia pembelajaran pada kelas V SDN 2 Kaliwenang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 16 siswa. Pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 71.25 dan pada siklus II mendapatkan 81.88, terjadi peningkatan sebesar 10,63. Persentase ketuntasan pada siklus I memperoleh 58.77% dan siklus II sebesar 86.26% terjadi peningkatan sebesar 27.49%. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model inkuiri learning berbantuan multimedia pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi organ gerak manusia siswa kelas V SDN 2 Kaliwenang Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan.Downloads
Published
2022-08-16
How to Cite
Via Riski. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Inkuiri Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran di Kelas V SDN 2 Kaliwenang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3897–3901. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6099
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Via Riski
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).