Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Inkuiri Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran di Kelas V SDN 2 Kaliwenang

Authors

  • Via Riski SDN 2 Kaliwenang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6099

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada pembelajaran IPA materi organ gerak manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa materi IPA pada pembelajaran organ gerak manusia dengan penerapan model inkuiri learning berbantuan multimedia pembelajaran pada kelas V SDN 2 Kaliwenang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 16 siswa. Pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 71.25 dan pada siklus II mendapatkan 81.88, terjadi peningkatan sebesar 10,63. Persentase ketuntasan pada siklus I memperoleh 58.77% dan siklus II sebesar 86.26% terjadi peningkatan sebesar 27.49%. Sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model inkuiri learning berbantuan multimedia pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi organ gerak manusia siswa kelas V SDN 2 Kaliwenang Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Via Riski. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Inkuiri Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran di Kelas V SDN 2 Kaliwenang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3897–3901. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6099