Efektivitas Metode Silaba dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Disleksia di SDN 17 Jawa Gadut

Authors

  • Meilina Fiani Universitas Negeri Padang
  • Irdamurni Irdamurni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6085

Abstract

Disleksia merupakan suatu gangguan yang berpusat pada system saraf kemudian mengalami kesulitan dalam hal membaca, menulis,mengeja, atau dapat dikatakan kesulitan dalam mengenali huruf-huruf. Oleh karena itu, dalam mengajarkan membaca bagi siswa disleksia dibutuhkan sebuah metode pengajaran yang tepat, salah satunya yaitu metode silaba. Membaca permulaan bagi anak disleksia. Penelitian ini menggunakan  jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain a-b-a. Penelitian bertujuan membuktikan efektivitas metode silaba dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak disleksia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik. Hasil analisis data dari 17 kali pengamatan dan dalam 3 kondisi yaitu baseline pertama (A1) memperoleh hasil 20%,26%,30%, 30%. Pada intervensi (B) memperoleh hasil 56%, 60%,64%,64%,68%,76%,76%,76%. Terakhir pada baseline kedua (A2) memperoleh hasil 80%, 86%, 86% 86%. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan meliputi suku kata meningkat setelah menggunakan metode silaba bagi anak disleksia di kelas III di jawa gadut Padang.

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Fiani, . M. ., & Irdamurni, . I. (2022). Efektivitas Metode Silaba dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Disleksia di SDN 17 Jawa Gadut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3861–3868. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6085