Efektivitas Metode Silaba dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Disleksia di SDN 17 Jawa Gadut
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6085Abstract
Disleksia merupakan suatu gangguan yang berpusat pada system saraf kemudian mengalami kesulitan dalam hal membaca, menulis,mengeja, atau dapat dikatakan kesulitan dalam mengenali huruf-huruf. Oleh karena itu, dalam mengajarkan membaca bagi siswa disleksia dibutuhkan sebuah metode pengajaran yang tepat, salah satunya yaitu metode silaba. Membaca permulaan bagi anak disleksia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain a-b-a. Penelitian bertujuan membuktikan efektivitas metode silaba dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak disleksia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik. Hasil analisis data dari 17 kali pengamatan dan dalam 3 kondisi yaitu baseline pertama (A1) memperoleh hasil 20%,26%,30%, 30%. Pada intervensi (B) memperoleh hasil 56%, 60%,64%,64%,68%,76%,76%,76%. Terakhir pada baseline kedua (A2) memperoleh hasil 80%, 86%, 86% 86%. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan meliputi suku kata meningkat setelah menggunakan metode silaba bagi anak disleksia di kelas III di jawa gadut Padang.Downloads
Published
2022-08-16
How to Cite
Fiani, . M. ., & Irdamurni, . I. (2022). Efektivitas Metode Silaba dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Siswa Disleksia di SDN 17 Jawa Gadut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3861–3868. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6085
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Meilina Fiani, Irdamurni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).