Efektivitas Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Gangguan Spektrum Autisme

Authors

  • Tri Aprilia Diningsih Universitas Negeri Padang
  • Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6083

Abstract

Anak gangguan spektrum autisme memiliki keterampilan motorik halus yang rendah sehingga mempengaruhi kemampuan menulis permulaan. Penelitian membahas efektivitas finger painting untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak gangguan spektrum autisme. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Penelitian bertujuan membuktikan efektivitas finger painting untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak gangguan spektrum autisme. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik. Hasil analisis data dari 16 kali pengamatan dan dalam 3 kondisi yaitu baseline pertama (A1) dengan 4 kali pertemuan memperoleh hasil 0%, 20%, 20%, dan 20%. Pada intervensi (B) dengan 8 kali pertemuan memperoleh hasil 30%, 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, 70%, dan 70%. Terakhir pada baseline kedua (A2) dengan 4 kali pertemuan memperoleh hasil 90%, 100%, 100%, dan 100%. Hasil penelitian menunjukkan finger painting efektif untuk meningkat kemampuan menulis permulaan pada anak gangguan spektrum autisme di SLB Assyifa Umaimah Dumai.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Diningsih, T. A. ., & Rahmahtrisilvia, R. (2022). Efektivitas Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Gangguan Spektrum Autisme. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3845–3851. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6083