Efektivitas Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Gangguan Spektrum Autisme
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6083Abstract
Anak gangguan spektrum autisme memiliki keterampilan motorik halus yang rendah sehingga mempengaruhi kemampuan menulis permulaan. Penelitian membahas efektivitas finger painting untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak gangguan spektrum autisme. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Penelitian bertujuan membuktikan efektivitas finger painting untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak gangguan spektrum autisme. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik. Hasil analisis data dari 16 kali pengamatan dan dalam 3 kondisi yaitu baseline pertama (A1) dengan 4 kali pertemuan memperoleh hasil 0%, 20%, 20%, dan 20%. Pada intervensi (B) dengan 8 kali pertemuan memperoleh hasil 30%, 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, 70%, dan 70%. Terakhir pada baseline kedua (A2) dengan 4 kali pertemuan memperoleh hasil 90%, 100%, 100%, dan 100%. Hasil penelitian menunjukkan finger painting efektif untuk meningkat kemampuan menulis permulaan pada anak gangguan spektrum autisme di SLB Assyifa Umaimah Dumai.Downloads
Published
2022-08-15
How to Cite
Diningsih, T. A. ., & Rahmahtrisilvia, R. (2022). Efektivitas Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Gangguan Spektrum Autisme. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3845–3851. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6083
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tri Aprilia Diningsih, Rahmahtrisilvia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).