Pengaruh Penggunaan Strategi KWL (Know-Want To Know-Learned) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 05 Petok Kab. Pasaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6078Abstract
Berdasarkan hasil prapenelitian terhadap peserta didik SD Negeri 05 Petok di Kabupaten Pasaman, ditemukan adanya fenomena belum maksimalnya hasil belajar karena belum memenuhi standar yang diharapkan. Fenomena ini diduga berkaitan dengan beberapa faktor, misalnya pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga peserta didik pasif, kurang tertarik, merasa jemu dan kurang optimal dalam penguasaan materi pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN di gugus I Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman yang terdiri dari 9 sekolah dengan akreditasi yang sama. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 05 Petok sebagai kelas Eksperimen dan peserta didik kelas V SDN 02 Petok sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diambil dari hasil tes dan data dikumpulkan dengan angket model skala Likert. Data dianalisis dengan statistic Anova dua jalur menggunakan General Linear Model Univariate Analysis dengan taraf signifikansi alpha 0,05. Kesimpulan dari penelitian adalah (1) terdapat pengaruh strategi KWL (Know-Want to Know-Learned) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik (0,000<0,05). (2) terdapat pengaruh minat membaca intensif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik (0,000<0,05). (3) tidak terdapat interaksi antara strategi KWL (Know-Want to Know-Learned) dan minat membaca intensif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Temuan selanjutnya adalah bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan strategi KWL (Know-Want to Know-Learned) lebih baik dari hasil belajar yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian variabel X1 (strategi KWL (Know-Want to Know-Learned)) dan X2 (Minat membaca Intensif) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar (Y). Dari hasil penelitian ini disarankan strategi KWL (Know-Want to Know-Learned) digunakan dalam pembelajaran dan Motivasi belajar perlu diberikan agar hasil belajar menjadi lebih baik..Downloads
Published
2022-08-15
How to Cite
Elimarni, . . E. (2022). Pengaruh Penggunaan Strategi KWL (Know-Want To Know-Learned) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 05 Petok Kab. Pasaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3825–3836. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6078
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elimarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).