Pendidikan Remaja Perspektif Al-Qur’an Studi Analisa Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Tahapan Pendidikan

Authors

  • Azkalakum Zakiyullah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Salamah Eka Susanti Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6052

Abstract

Anak adalah sebagai cerminan orang tua, bila anak tersebut sukses dan berakhlaqul karimah, maka di situlah peran seorang tua sukses mendidik anaknya dalam beretika / berakhlaqul karimah. Disebut manusia yang layak karena manusia tersebut berakhlak, dan akhlak merupakan pondasi dasar sebuah pembentukan karakter, sehingga di masyarakat seseorang yang didahulukan adalah akhlaknya. Seseorang meskipun nilai akademiknya tinggi dan titel perguruannya tinggi, tidak ada gunaya jika tidak berakhlakul karimah, semua tidak bernilai jika tanpa adanya Akhlak. Masa yang memeiliki egisentris yang tinggi adalah masa yang mana selalu berkeinginan untuk menjadi diri sendiri. Inilah yang menjadikan dirinya terjerumus kepada hal positif dan negatif. Terdapat pilihan atau jalan hidup masing-masing, yang merasa dirinya bisa mengatur jalan hidupnya sendiri. Dalam pendidikan terdapat beberapa fase-fase yang perlu dilaksanakan. Dan yang di jelaskan secara terperinci sesuai tahapan Al-Qur’an. Yang pertama konsep pendidikan adalah tentang keimanan atau ketauhidan, berbakti kepada orang tua, akhlaqul karimah.

Downloads

Published

2022-08-14

How to Cite

Zakiyullah, A. ., Wisudaningsih, E. T. ., & Susanti, S. E. (2022). Pendidikan Remaja Perspektif Al-Qur’an Studi Analisa Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Tahapan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3732–3736. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6052

Most read articles by the same author(s)