Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Gratis Guna Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di Kecamatan Bacan Timur Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6049Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana konteks, masukan, proses hasil pelaksanaan program pendidikan gratis, guna peningkatan mutu pendidikan dasar di Kecamatan Bacan Timur Kabupaten Halmahera Selatan. Model Evaluasi Program yang digunakan adalah Context, Input, Process, Product (CIPP) menurut Daniel Stufflebeam (1966). Teknik pengumpulan data dengan, observasi, wawancara, dokumen-dokumen pemerintah yang terkait dengan pelaksanaan program pendidikan gratis, dan Fokus Group Diskusi (FGD), 3 stakeholder dn 18 informan lainnya yang terdiri dari kepala dinas pendidikan, sekretaris pendidikan, DPRD Komisi pendidikan, kepala sekolah SMA, SMP dan SD, pengawas sekolah, para guru dan perwakilan masyarakat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa kurang lebih lima tahun sejak 2017-2020, pelaksanaan program pendidikan gratis di kabupaten Halmahera Selatan belum berjalan efektif. Yang menjadi persoalan utama adalah lemahnya kemampuan dan konsekuensi para penyelenggara kebijakan program, baik penyelenggara yang ada di kabupaten, maupun kecamatan serta sekolah dalam rangka mensukseskan pelaksanaan program pendidikan gratis.Downloads
Published
2022-08-14
How to Cite
Molle, M. ., & Dalensang, R. F. . (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Gratis Guna Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di Kecamatan Bacan Timur Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 395–3709. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6049
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Melky Molle, Remelia F. Dalensang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









