Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Asep Halimurosid SDN Hegarmanah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6044

Abstract

Perubahan dan akselerasi kemajuan teknologi informasi di era revolusi industri 4.0 dengan karakter sederhana, cepat, murah dan aksesibel membawa perubahan makna hidup dalam konteks pendidikan agama Islam khususnya dalam penggunaan strategi pembelajaran yang tepat sehingga mampu menjawab tantangan di era digital. Strategi pembelajaran yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 antara lain: 1) Memberikan pemahaman atau pengetahuan kepada seluruh pendidik untuk dapat memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, membimbing siswa dalam menggunakan TIK dan memfasilitasi penerapan TIK dalam pembelajaran. pendidikan, 2) Memberikan pelatihan, pendampingan, dan evaluasi secara berkesinambungan kepada pendidik untuk mewujudkan pendidik yang responsif, andal, dan adaptif, 3) Menyiapkan tenaga pendidik agar mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif, 4) Memberikan pendidikan kewarganegaraan yang bermakna bagi peserta didik, sebagai bagian dari pendidikan nilai untuk mewujudkan karakter manusia.

Downloads

Published

2022-08-14

How to Cite

Halimurosid, A. . (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3642–3650. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6044