Peran Locus Of Control sebagai Variabel Moderasi untuk Memperkuat Hubungan Financial Attitude dan Financial Knowledge terhadap Financial Management Behavior (Studi Kasus UKM Batik Pekalongan)

Authors

  • Wahyutri Fuji Hamastuti Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Widianto Widianto Universitas Islam Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6027

Abstract

Hingga saat ini peran Financial  Management Behavior sangat penting untuk diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia usaha di era 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Financial attitude, Financial knowledge dan Locus of control mampu meningkatkan serta mendorong Financial Management Behavior.  Financial Management Behavior adalah kemampuan seseorang dalam mengatur (perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian, dan penyimpanan) dana keuangan sehari-hari (Kholilah, 2013). Data penelitian yang diambil adalah UKM Batik Pekalongan karena sebagian besar dari UKM Batik kota Pekalongan belum memahami bagaimana cara mengelola Financial Management Behavior dengan benar. Minimnya pengetahuan tersebut menyebabkan keuangan UKM Batik tidak stabil. Kesalahan terbesar beberapa pengusaha batik adalah mengalokasikan hartanya untuk asset seperti mobil dan mendahulukan gaya hidup yang daripada menginvestasikan hartanya atau menggunakan sebagai tambahan modal sehingga produksi semakin meningkat yang memungkinkan penghasilan juga meningkat. Sampel data diambil dari 100 responden UKM Batik di Pekalongan. Data analisis menggunakan model Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari olah data menunjukkan bahwa Financial Attitude dan moderasi Locus of control terhadap Financial Attitude dikeluarkan dalam model karena tidak terlalu berpengaruh terhadap Financial Management Behavior, sedangkan hasil dari Financial Knowledge adalah berpengaruh namun negatif sehingga  yang mampu mendorong Financial Management Behavior adalah Locus of Control yang memoderasi Financial Knowledge.  Hal ini terjadi karena adanya perbedaan ilmu yang dipahami oleh masing-masing owner atau UKM Batik Pekalongan. Asumsi dari beberapa pemilik usaha adalah  lebih penting menguasai ilmu untuk memasarkan Batik ke Mancanegara dibandingkan ilmu mengelola keuangan, adapun yang berasumsi bahwa ilmu pengetahuan keuangan, marketing dan operasional sangat penting untuk diterapkan dalam dunia bisnis

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Hamastuti, W. F. ., & Widianto, . W. (2022). Peran Locus Of Control sebagai Variabel Moderasi untuk Memperkuat Hubungan Financial Attitude dan Financial Knowledge terhadap Financial Management Behavior (Studi Kasus UKM Batik Pekalongan). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3318–3326. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6027