EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUALY) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nia Fuji Lestari Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.601

Keywords:

Model Pembelajaran SAVI, Keterampilan 4C

Abstract

Artikel ilmiah ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan 4C (Chritical Thinking, Collaborative, Communicative, Creative) siswa di Sekolah Dasar, melalui meta-analisis data hasil studi pustaka penelitian yang sudah ada. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam studi pusataka ini meliputi perumusan ide/topik penelitian, melakukan studi pustaka untuk mengumpulkan data yang relevan (melalui pencarian di berbagai sumber online), dan melakukan analisis data yang telah diperoleh. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa berkisar antara 11,8% sampai 42,95%. Selain itu penggunaan model pembelajaran SAVI juga dapat meningkatkan keterampilan 4C (Chritical Thinking, Collaborative, Communicative, Creative) pada siswa Sekolah Dasar, dalam setiap penelitian perkembangan unsur 4C yang menonjol dapat berbeda-beda tergantung perlakukan yang diberikan oleh peneliti dan bagaimana peneliti mengemas proses pembelajaran yang dilakukan.

References

Pesanggrahan 02 Kota Batu. Retrieved from UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang:http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=48547

Setyani, R. (2013, Maret 24). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Melalui Media Tiga Dimensi pada Siswa Kelas 4 SDN Klero 01 Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Retrieved from Repositori Institusi Universitas Kristen Satya Wacana:https://repository.uksw.edu/handle/123456789/8107

Suhada, I. (2016, Maret 25). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berhitung Pecahan di Kelas 5.2 SDN Andir Kidul Kota Bandung. Retrieved from UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang: http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=75711

Suharti, T. (2014, Maret 28). Repositori Institusi Universitas Kristen Satya Wacana Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran SAVI pada Siswa Kelas 5 SDN Ngawen 02 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Semester I Tahun 2013/2014. Retrieved from Repositori Institusi Universitas Kristen Satya Wacana: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/5247

Sutarna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 119-126.

Wicaksono, A. (2008). Efektivitas Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Researchgate, 1, 1-17.

Downloads

Published

2020-04-11

How to Cite

Lestari, N. F. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUALY) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 86–91. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.601

Issue

Section

Articles