Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Dita HardiyantI Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5998

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 pemahaman konsep siswa mencapai 55,6%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 81,81%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 48,48%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 78,78% dari 33 siswa. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi alat pernapasan manusia di kelas V SDN Pasirluyu Bandung.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

HardiyantI, D. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3135–3143. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5998