Pengaruh Bermain Puzzle Untuk Meningkatkan Perhatian pada Anak ADHD di SLB N 1 Harau

Authors

  • Rahma Andriza Universitas Negeri Padang
  • Arisul Mahdi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5996

Abstract

Artikel ini membahas tentang bermain puzzle meningkatkan perhatian pada anak ADHD di SLB N 1 Harau. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. subjek penelitian ini seorang anak ADHD dengan gejala kurang mampu dalam memusatkan perhatiannya lebih dari 1 menit terhadap suatu hal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, serta asesmen terhadap perhatian belajar siswa, dan proses pencatatan data dilakukan dengan cara memperhatikan durasi perhatian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan, overlap data A1-B 0% dan A2-B 50% yang mana dapat simpulkan bahwa bermain puzzle dapat meningkatkan perhatian anak ADHD.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Andriza, . R. ., & Mahdi, . A. . (2022). Pengaruh Bermain Puzzle Untuk Meningkatkan Perhatian pada Anak ADHD di SLB N 1 Harau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3128–3134. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5996