Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Religius Guna Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Kasus di SMPN 1 Rengasdengklok)

Authors

  • Wiwi Marcela Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5988

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam menciptakan budaya religius guna meningkatkan pendidikan karakter di sekolah SMPN 1 Rengasdengklok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, karena hanya menggunakan satu variabel dalam penelitian dan data yang diperoleh adalah berupa informasi-informasi dan pendapat mengenai program budaya religius pada sekolah menengah pertama sebagai upaya penanaman sikap religius siswa SMPN 1 Rengasdengklok. Instrumen penelitian menggunakan panduan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam menciptakan budaya religius guna meningkatkan pendidikan karakter di SMPN 1 Rengasdengklok dalam perspektif manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi terhadap program yang dijalankan. Adapun bentuk upaya  kepala sekolah dalam menciptakan budaya religius yaitu meliputi shalat dzuhur dan dhuha secara berjamaah, membaca al-Qur’an dan membaca do’a sebelum proses pembelajaran, peringatan hari-hari besar Islam, dan setiap hari jum’at rutin melaksanakan spiritual program. Selain itu, melaksanakan program kebersihan di SMPN 1 Rengasdengklok yaitu dengan rutin mengadakan kegiatan jum’at bersih seperti semua warga sekolah melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah. Adapun upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah SMPN 1 Rengasdengklok dalam meningkatkan pendidikan karakter yaitu dengan cara menanamkan perilaku disiplin kepada peserta didik yaitu seperti menerapkan tata tertib sekolah dengan cara pengadaan buku tata tertib sekolah. Dan juga perwujudan budaya religius di sekolah ini akan berdampak pada popularitas sekolah dan menambah tingkat kepercayaan dan minat masyarakat dalam menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Marcela, W. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Religius Guna Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah (Studi Kasus di SMPN 1 Rengasdengklok). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3071–3077. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5988