Pemberdayaan Pendidikan Melalui Sanggar Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Menggunakan Media Buku Cetak Dan Buku Digital
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5963Abstract
Penggunaan media pembelajaran disesuaikan kondisi dan lingkungan belajar. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan pada usia dan kemampuan subjek. Media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan anak khususnya untuk kemampuan membaca yaitu media pembelajaran membaca dengan buku. Terdapat dua buku yang dapat digunakan yakni buku cetak dan buku digital. Hasil observasi dan wawancara memaparkan bahwa di wilayah Desa Pabean memiliki potensi besar dibidang pendidikan. Alasannya adalah kawasan Desa Pabean berdiri bangunan sekolah dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan Bahkan Perguruan Tinggi. Secara langsung Desa Pabean merupakan kawasan dyang mendukung pendidikan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat. Permasalahan yang ada dilingkup Desa Pabean adalah adanyan keterbatasan pemahaman dalam membaca, khususnya bagi anak usia sekolah dasar kelas 1, 2, dan 3. Alasannya, dua tahun lalu sistem sekolah dengan daring bedampak pada keterampilan membaca siswa yang menurun. Sehingga berdampak pada menurunnya minat membaca anak. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan program kerja bidang pemberdayaan pendidikan untuk meningkatkan minat baca dengan media buku cetak dan buku digital. Pemberdayaan pendidikan ini diawali dengan mengukur kemampuan baca anak untuk digolongkan pada tingkat 1, 2, dan 3. Selanjutnya anak-anak akan di bimbing sesuai dengan tingkatan dan media yang digunakan menyesuaikan tingkat kesulitan. Setiap pembimbing melatih anak dalam membaca.Downloads
Published
2022-08-15
How to Cite
Tjahjaningsih, Y. S., Wicaksono, I., Haryono, H., Lailatul Fitria, N. J., Sabila, S. M., & Hidayawati, C. K. (2022). Pemberdayaan Pendidikan Melalui Sanggar Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Menggunakan Media Buku Cetak Dan Buku Digital. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3763–3774. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5963
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yustina Suhandini Tjahjaningsih, Indro Wicaksono, Haryono Haryono, Nurul Jannah Lailatul Fitria, Sabrina Maula Sabila, Citra Kusuma Hidayawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).