Pemberdayaan Pendidikan Melalui Sanggar Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Menggunakan Media Buku Cetak Dan Buku Digital

Authors

  • Yustina Suhandini Tjahjaningsih Universitas Panca Marga
  • Indro Wicaksono Universitas Panca Marga
  • Haryono Haryono Universitas Panca Marga
  • Nurul Jannah Lailatul Fitria Universitas Panca Marga
  • Sabrina Maula Sabila Universitas Panca Marga
  • Citra Kusuma Hidayawati Universiras Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5963

Abstract

Penggunaan media pembelajaran disesuaikan kondisi dan lingkungan belajar. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan pada usia dan kemampuan subjek. Media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan anak khususnya untuk kemampuan membaca yaitu media pembelajaran membaca dengan buku. Terdapat dua buku yang dapat digunakan yakni buku cetak dan buku digital. Hasil observasi dan wawancara memaparkan bahwa di wilayah Desa Pabean memiliki potensi besar dibidang pendidikan. Alasannya adalah kawasan Desa Pabean berdiri bangunan sekolah dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan Bahkan Perguruan Tinggi. Secara langsung Desa Pabean merupakan kawasan dyang mendukung pendidikan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat. Permasalahan yang ada dilingkup Desa Pabean adalah adanyan keterbatasan pemahaman dalam membaca, khususnya bagi anak usia sekolah dasar kelas 1, 2, dan 3. Alasannya, dua tahun lalu sistem sekolah dengan daring bedampak pada keterampilan membaca siswa yang menurun. Sehingga berdampak pada menurunnya minat membaca anak. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan program kerja bidang pemberdayaan pendidikan untuk meningkatkan minat baca dengan media buku cetak dan buku digital. Pemberdayaan pendidikan ini diawali dengan mengukur kemampuan baca anak untuk digolongkan pada tingkat 1, 2, dan 3. Selanjutnya anak-anak akan di bimbing sesuai dengan tingkatan dan media yang digunakan menyesuaikan tingkat kesulitan. Setiap pembimbing melatih anak dalam membaca.    

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Tjahjaningsih, Y. S., Wicaksono, I., Haryono, H., Lailatul Fitria, N. J., Sabila, S. M., & Hidayawati, C. K. (2022). Pemberdayaan Pendidikan Melalui Sanggar Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Menggunakan Media Buku Cetak Dan Buku Digital. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3763–3774. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5963