Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Berbasis Socratic Method dalam Mengembangkan Karakter Courage di Sekolah Dasar

Authors

  • Nita Nurpina Reforwati Nita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lutfi Nur Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Dindin Abdul Muiz L Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5960

Abstract

Dewasa ini pendidikan sekolah dasar lebih berorientasi pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan dengan sedikit menitikberatkan pada karakter. Dimana karakter merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa dan bernegara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh permainan tradisional gobag sodor berbasis socratic method dalam meningkatkan karakter courage siswa di sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen desain Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik kelas 4 yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 15 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 15 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa pretest dan posttest dengan skor penilaian skala likert berjumlah 40 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistika dan deskriptif. Berdasarkan analisis hasil penelitian, menunjukkan adanya pengaruh permainan tradisional gobag sodor dalam meningkatkan karakter courage siswa.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Nita, N. N. R., Nur, L. . ., & L, D. A. M. . (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Berbasis Socratic Method dalam Mengembangkan Karakter Courage di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3036–3042. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5960