Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Berbasis Socratic Method dalam Mengembangkan Karakter Courage di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5960Abstract
Dewasa ini pendidikan sekolah dasar lebih berorientasi pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan dengan sedikit menitikberatkan pada karakter. Dimana karakter merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa dan bernegara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh permainan tradisional gobag sodor berbasis socratic method dalam meningkatkan karakter courage siswa di sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen desain Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik kelas 4 yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 15 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 15 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa pretest dan posttest dengan skor penilaian skala likert berjumlah 40 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistika dan deskriptif. Berdasarkan analisis hasil penelitian, menunjukkan adanya pengaruh permainan tradisional gobag sodor dalam meningkatkan karakter courage siswa.Downloads
Published
2022-08-12
How to Cite
Nita, N. N. R., Nur, L. . ., & L, D. A. M. . (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Berbasis Socratic Method dalam Mengembangkan Karakter Courage di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3036–3042. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5960
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nita Nurpina Reforwati Nita, Lutfi Nur, Dindin Abdul Muiz L
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).