Analisis Pelaksanaan Kampus Mengajar Dalam Mendukung Pengembangan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Hidroponik Di SDN 04 Lendang Nangka
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5954Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kampus mengajar dalam mendukung pengembangan karakter cinta lingkungan melalui hidroponik pada siswa di SDN 04 Lendang Nangka tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun lokasi penelitian ini di SDN 04 Lendang Nangka kecamatan Masbagik. Waktu penelitin ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, display data, menarik kesimpulan/verifikasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara yang sudah dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa dengan keberadaan kampus mengajar memberikan pengaruh positif karena dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar, adaptasi teknologi maupun administrasi. Guru di SDN 04 Lendang Nangka sangat terbantu dengan keberadaan mahasiswa kampus mengajar di lokasi penempatan. Siswa juga sangat antusias dalam belajar karena adanya mahasiswa kampus mengajar yang membuat berbagai program yang mengarah ke karakter siswa di SDN 04 Lendang Nangka. Banyak respon positif yang diberikan oleh guru terhadap perubahan siswa yang kaitannya dengan karakter. Salah satu program yang berkaitan dengan karakter cinta lingkungan adalah penerapan hidroponik. Dengan adanya penerapan hidroponik ini siswa belajar bagaimana cara merawat tanaman dengan sistem hidroponik sehingga siswa semakin cinta terhadap lingkunganya.Downloads
Published
2022-08-11
How to Cite
Hikmah , B. N. ., Alwi, M. ., & Fadilah, D. . (2022). Analisis Pelaksanaan Kampus Mengajar Dalam Mendukung Pengembangan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Hidroponik Di SDN 04 Lendang Nangka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2900–2906. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5954
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Bq Nurul Hikmah, Mijahamuddin Alwi,, Dina Fadilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









