Pengembangan E-Modul Tematik Kurikulum 2013 Pada Tema 2 Subtema 1 Kelas III Sekolah Dasar Berbasis Flipbook Maker
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5929Abstract
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yaitu menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (desseminate). Tahap pendefinisian meliputi analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, dan analisis materi. Tahap perancangan dilakukan pemilihan bahan ajar, pemilihan format (Format Selection, dan rancangan awal (initial design). Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas, dan tahap penyebaran dilakukan di SDN 272/VI Pulau Tengah III. Hasil penilaian Pengembangan ini menghasilkan E-Modul yang telah diuji validitasnya oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 88,03% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Dalam artian E- Modul telah layak digunakan oleh peserta didik. Kemudian uji praktikalitas dari angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 92,39% dikategorikan sangat praktis dalam artian mudah digunakan, sedangkan hasil uji efektifitas E-Modul pembelajaran Tematik dengan skor rata-rata 86,96% dikategorikan sangat efektif dalam artian E-Modul dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa E-Modul pembelajaran Tematik kelas III SD sangat sesuai dengan ketentuan di SDN 272/VI Pulau Tengah III dan memudahkan siswa memahami pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan E-Modul pembelajaran Tematik kelas III dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif. Kata Kunci: Pengembangan E-Modul, Tematik, Flipbook Maker.Downloads
Published
2022-08-18
How to Cite
Pitasari, . S. ., Subhan, M. ., & Ratnawati, R. (2022). Pengembangan E-Modul Tematik Kurikulum 2013 Pada Tema 2 Subtema 1 Kelas III Sekolah Dasar Berbasis Flipbook Maker . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4155–4162. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5929
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sisi Pitasari, Muhammad Subhan, Ratnawati Ratnawati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).