Keefektifan layanan Bimbingan Kelompok Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa SMKN 7 Jakarta

Authors

  • Ahiruddin Ahiruddin Universitas Indraprasta PGRI
  • H. Harun Rasjid Universitas Indraprasta PGRI
  • Muhamat Rido Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5924

Abstract

Perbedaan-perbedaan pada tiap diri individu di sekitar kita dan di berbagai tempat, mulai dari perbedaan yang bersangkutan dengan suku, ras dan agama, hingga yang bersangkutan dengan pola fikir, perilaku dan sikap pada kesehariannya. Perbedaan tersebut adalah wajar adanya di sekitar kita, apalagi kita yang hidup di bumi Indonesia yang beraneka ragam suku, ras dan agama, begitu juga dengan perbedaan pola fikir, perilaku dan sikap. Berbeda individu berbeda pula potensi-potensinya, berbeda individu berbeda pula masalah-masalah yang dimilikinya dan berbeda individu berbeda pula caranya dalam menyelesaikan permasalahannya. . Maka dari itu diperlukan seorang pembimbing untuk membantu individu yang mengalami permasalahan, terutama permasalahan peserta didik didalam masa belajaranya. , berdasarkan hasil pengamatan peneliti di SMKN 7 Jakarta sejak beberapa bulan lalu saat peneliti sedang melatih eksrakurikuler palang merah remaja, bahwa peserta didik seringkali kesulitan didalam menyampaikan pendapat, berbicara di depan kelas, menjawab pertanyaan yang diberikan, hingga mengurungkan diri untuk aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Salah satu tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu peserta didik agar memperoleh tingkat perkembangan yang optimal sesuai kemampuannya. Bantuan yang diberikan pada peserta didik agar efektif mesti memperhatikan jenis layanan bimbingan yang tepat dengan masalah yang dialami peserta didik, karena diharapakan bantuan yang tepat akan memperoleh perubahan tingakah laku yang diharapkan.

Downloads

Published

2022-08-09

How to Cite

Ahiruddin, . A., Rasjid, H. H. ., & Rido, M. . (2022). Keefektifan layanan Bimbingan Kelompok Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa SMKN 7 Jakarta . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2813–2824. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5924