Keefektifan layanan Bimbingan Kelompok Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa SMKN 7 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5924Abstract
Perbedaan-perbedaan pada tiap diri individu di sekitar kita dan di berbagai tempat, mulai dari perbedaan yang bersangkutan dengan suku, ras dan agama, hingga yang bersangkutan dengan pola fikir, perilaku dan sikap pada kesehariannya. Perbedaan tersebut adalah wajar adanya di sekitar kita, apalagi kita yang hidup di bumi Indonesia yang beraneka ragam suku, ras dan agama, begitu juga dengan perbedaan pola fikir, perilaku dan sikap. Berbeda individu berbeda pula potensi-potensinya, berbeda individu berbeda pula masalah-masalah yang dimilikinya dan berbeda individu berbeda pula caranya dalam menyelesaikan permasalahannya. . Maka dari itu diperlukan seorang pembimbing untuk membantu individu yang mengalami permasalahan, terutama permasalahan peserta didik didalam masa belajaranya. , berdasarkan hasil pengamatan peneliti di SMKN 7 Jakarta sejak beberapa bulan lalu saat peneliti sedang melatih eksrakurikuler palang merah remaja, bahwa peserta didik seringkali kesulitan didalam menyampaikan pendapat, berbicara di depan kelas, menjawab pertanyaan yang diberikan, hingga mengurungkan diri untuk aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Salah satu tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu peserta didik agar memperoleh tingkat perkembangan yang optimal sesuai kemampuannya. Bantuan yang diberikan pada peserta didik agar efektif mesti memperhatikan jenis layanan bimbingan yang tepat dengan masalah yang dialami peserta didik, karena diharapakan bantuan yang tepat akan memperoleh perubahan tingakah laku yang diharapkan.Downloads
Published
2022-08-09
How to Cite
Ahiruddin, . A., Rasjid, H. H. ., & Rido, M. . (2022). Keefektifan layanan Bimbingan Kelompok Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Siswa SMKN 7 Jakarta . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2813–2824. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5924
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ahiruddin , H. Harun Rasjid , Muhamat Rido
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).