Pengaruh Metode Pembelajaran Komunikatif Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5906Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran komunikatif terhadap kemampuan menulis surat pribadi dan surat dinas siswa kelas VII SMP PGRI 1 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran komunikatif terhadap kemapuan menulis surat pribadi dan surat dinas siswa kelas VII SMP PGRI 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunkan desain Posttest Only Control Design dengan populasi 124 siswa yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas VII.2 dan VII.3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa 0,79 4,02 sehingga data yang diperoleh adalah Ha diterima artinya varians bersifat homogen. Pengujian hipotesis diperoleh 3,55 1,67, sehingga didapatkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis alternatif (Ha) yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini terdapat pengaruh metode pembelajaran komunikatif terhadap kemampuan menulis surat pribadi dan surat dinas siswa kelas VII SMP PGRI 1 Palembang.Downloads
Published
2022-08-08
How to Cite
Sindi, S., Agustina, J., & Nufus, H. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Komunikatif Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi Dan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2754–2763. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5906
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sindi, Juaidah Agustina, Hayatun Nufus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).