Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 1 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5867Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu terdapat peserta didik yang memiliki kemampuan membaca lancar dan kemampuan membaca kurang lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kemampuan membaca serta faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi kemampuan membaca peserta didik kelas III SDN 1 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif, menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumntasi. Penelitian mengambil subyek 1 kelas yaitu kelas III dengan sampel 4 peserta didik dan 4 orang tua peserta didik serta guru kelas SDN 1 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal diolah dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca peserta didik kelas III yang berjumlah 13 anak, beberapa diantaranya belum mampu membaca dengan lancar. Peserta didik yang memiliki kemampuan membaca kurang lancar hanya mampu membaca beberapa suku kata dan masih mengeja, sedangan peserta didik yang memiliki kemampuan membaca yang baik sudah mampu membaca huruf, suku kata, kata hingga kalimat dengan benar dan lancar. Kemampuan membaca peserta didik Kelas III SDN 1 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal dalam tahap membaca permulaan. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dari penelitian ini yaitu faktor fisiologi, faktor intelektual, faktor lingkungan, dan faktor psikologis.Downloads
Published
2022-08-05
How to Cite
Asmarani, R. W., Subekti, . E. E. ., & Purnamasari, V. . (2022). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 1 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2652–2656. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5867
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Reski Wening Asmarani, Ervina Eka Subekti, Veryliana Purnamasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).