Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Authors

  • Novi Marliani Universitas Indraprasta PGRI
  • Roida Eva Flora Siagian Universitas Indraprasta PGRI
  • Miftahudin Miftahudin Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5866

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari kemandirian  dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis di Mts Al Khairiyah Bogor. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan populasi seluruh siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data kemandirian dan motivasi belajar diperoleh dengan menyebar angket, data kemampuan komunikasi matematis diperoleh dengan penyebaran soal essay. peserta didik. Uji persyaratan dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas. Pada uji normalitas data berdistribusi normal dan pada uji linearitas data berpola linear. Uji hipotesis dilakukan dengan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) dengan Fhitung> Ftabel  (104,06>3,220). Uji lanjut menunjukan bahwa kemandirian belajar (X1) terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) dengan Fhitung> Ftabel   (7,680>2,021) hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh kemandirian terhadap kemampuan komunikasi matematis, kemudian untuk pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) diperoleh Fhitung > Ftabel  (3,437  > 2,021)) sehingga disimpulkan ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis

Downloads

Published

2022-08-05

How to Cite

Marliani, N. ., Siagian, R. E. F. ., & Miftahudin, M. (2022). Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2646–2651. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5866