Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5866Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari kemandirian dan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis di Mts Al Khairiyah Bogor. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan populasi seluruh siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data kemandirian dan motivasi belajar diperoleh dengan menyebar angket, data kemampuan komunikasi matematis diperoleh dengan penyebaran soal essay. peserta didik. Uji persyaratan dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas. Pada uji normalitas data berdistribusi normal dan pada uji linearitas data berpola linear. Uji hipotesis dilakukan dengan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) dengan Fhitung> Ftabel (104,06>3,220). Uji lanjut menunjukan bahwa kemandirian belajar (X1) terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) dengan Fhitung> Ftabel (7,680>2,021) hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh kemandirian terhadap kemampuan komunikasi matematis, kemudian untuk pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) diperoleh Fhitung > Ftabel (3,437 > 2,021)) sehingga disimpulkan ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematisDownloads
Published
2022-08-05
How to Cite
Marliani, N. ., Siagian, R. E. F. ., & Miftahudin, M. (2022). Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2646–2651. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5866
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Novi Marliani, Roida Eva Flora Siagian, Miftahudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).