Pendekatan Teknik Konseling Gestalt dalam Meningkatkan Nilai Kejujuran di SD IT Khoiru Ummah Lampung Barat

Authors

  • Intan Belinda Cahyana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5846

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pendekatan teknik konseling gestalt dalam meningkatkan nilai kejujuran di SD IT Khoiru Ummah Lampung Barat. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti melakukan penelitian yang berjudul: “Pendekatan Teknik Konseling Gestalt dalam Meningkatkan Nilai Kejujuran di SD IT Khoiru Ummah Lampung Barat”. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penarikan sampel dalam penelitian ini dengan purposive sampling, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada informan, analisa dilakukan dengan melalui tahapan pengumpulan informasi, tahap pemilihan data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan teknik konseling gestalt dalam meningkatkan nilai kejujuran untuk siswa sekolah dasar masih kurang efektif, upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menambah pendekatan lainnya serta bantuan dari faktor-faktor pendukung yang lain.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Cahyana, I. B. . (2022). Pendekatan Teknik Konseling Gestalt dalam Meningkatkan Nilai Kejujuran di SD IT Khoiru Ummah Lampung Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2572–2578. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5846