Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas IV SD Negeri Karangjati
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5836Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model belajar Prolem Besed Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Karangjati. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangjati yang berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah jika siswa mendapat skor ? 76.Hasil penelitian menunjukkan presentasi motivasi belajar meningkat dari pra siklus ke siklus I yaitu 73,63 % menjadi 74,90 %. Pada siklus II meningkat kembali menjadi 78.04 %. Peningkatan pada siklus II terjadi karena adanya perbaikan dari siklus I. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapa meningkatkan motivasi belajar. Tahapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu 1) Memberikan Orientasi tentang permasalahan kepada siswa, 2) Mengorganisasi siswa untuk belajar, (3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok. (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.Downloads
Published
2022-08-04
How to Cite
Kurniawan, H. A. ., Pambudi, D. I. ., & Mujirah, F. . (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas IV SD Negeri Karangjati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2545–2549. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5836
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hardian Akbar Kurniawan, Dholina Inang Pambudi, Fransisca Mujirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









