Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III SDN Kemejing

Authors

  • Agus Haryono Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Dedi Pramono Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Wahyu Ari Wibowo SD Negeri Tegalsari

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III SD Negeri Kemejing Loano Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas kelas III SD Kemejing Loano Purworejo yang berjumlah 15 peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan mengetahui nilai rata-rata siswa tes ulangan harian. Kriteria keberhasilan adalah jika ketuntasan belajar di dalam kelas sudah mencapai 70%. Hasil penelitian menunjukkan persentase peningkatan prestasi belajar jumlah yang diperoleh dari 15 siswa, sebanyak 11 siswa (73,33%) telah berhasil mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan 4 siswa lainnya (26,67%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai terendah adalah 55, nilai tertinggi adalah 88, dan nilai rata-rata meningkat menjadi 75,60. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learnind (CTL) yaitu 1) Proses pembelajaran, siswa berhubungan dengan bahan ajar, sumber belajar, media, sarana prasarana belajar, iklim sekolah dan lingkungan. 2) Proses pendidikan dan pembelajaran hendaknya dilakasanakan dengan menekankan kepada kreativitas, keunikan, variasi,dan kolaborasi. (3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok. (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Contextual Teaching Learning (CTL).

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Haryono, A., Pramono, D. ., & Ari Wibowo, W. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III SDN Kemejing. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2589–2593. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5832