Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III SDN Kemejing
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5832Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas III SD Negeri Kemejing Loano Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas kelas III SD Kemejing Loano Purworejo yang berjumlah 15 peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan mengetahui nilai rata-rata siswa tes ulangan harian. Kriteria keberhasilan adalah jika ketuntasan belajar di dalam kelas sudah mencapai 70%. Hasil penelitian menunjukkan persentase peningkatan prestasi belajar jumlah yang diperoleh dari 15 siswa, sebanyak 11 siswa (73,33%) telah berhasil mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan 4 siswa lainnya (26,67%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai terendah adalah 55, nilai tertinggi adalah 88, dan nilai rata-rata meningkat menjadi 75,60. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learnind (CTL) yaitu 1) Proses pembelajaran, siswa berhubungan dengan bahan ajar, sumber belajar, media, sarana prasarana belajar, iklim sekolah dan lingkungan. 2) Proses pendidikan dan pembelajaran hendaknya dilakasanakan dengan menekankan kepada kreativitas, keunikan, variasi,dan kolaborasi. (3) Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok. (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Contextual Teaching Learning (CTL).Downloads
Published
2022-08-04
How to Cite
Haryono, A., Pramono, D. ., & Ari Wibowo, W. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III SDN Kemejing. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2589–2593. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5832
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Agus Haryono, Dedi Pramono, Wahyu Ari Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).